PesonaKalimantan– Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Husnul Khatimah, menghadiri Kick Off Festival Gerbang Nusantara dan Peluncuran Kamis Digital Bahasa Banjar, Senin (26/08/2024) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Dalam sambutan tertulisnya, Paman Birin menyampaikan terima kasih kepada kedutaan Amerika Serikat melalui Program Ambassador Fund for
Cultural Preservation, atas
kontribusi yang diberikan dalam melestarikan bahasa Banjar melalui peluncuran kamus digital bahasa Banjar.

Kegiatan ini ujarnya, bukan hanya sebuah proyek pelestarian bahasa, tetapi merupakan jembatan persahabatan antara kedua negara yang memiliki komitmen bersama dalam menjaga kekayaan budaya dunia.

Apresiasi juga disampaikan kepada Kementerian Kebudayaan, Pendidikan,
Riset, dam Teknologi atas sinergi dan kolaborasi yang telah berjalan dengan baik. Berkat kerja sama yang erat antara pemerintah pusat dan daerah, Festival Gerbang Nusantara dan peluncuran kamus digital bahasa Banjar ini dapat terselenggara.

Rangkaian kegiatan Festival Gerbang
Nusantara diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT ke 79 Kemerdekaan RI sekaligus memperingati hari jadi ke-74 Provinsi Kalsel.

Menurut gubernur dua periode ini, kegiatan ini bukan sekadar perayaan budaya, tetapi juga momentum untuk memperkuat identitas
sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang majemuk.

“Melalui festival ini, kita memperlihatkan kepada dunia bahwa keberagaman adalah kekuatan dan kita dapat Bergerak bersama, berkarya, dan berbudaya dalam kebhinnekaan,” ujar Paman Birin.

Selanjutnya, peluncuran kamus digital
bahasa Banjar juga merupakan langkah besar dalam upaya pelestarian bahasa
daerah di era digital. Bahasa Banjar bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga
pembawa nilai-nilai luhur dan kearifan lokal yang telah diwariskan turun-temurun. Dengan adanya kamus digital ini, membuka pintu bagi generasi muda untuk mengenal, mempelajari, dan mencintai bahasa leluhur mereka,
sekaligus memperkenalkannya ke panggung global.

Paman Birin berharap, melalui kegiatan ini, semangat cinta budaya dan bahasa daerah akan semakin membara di hati seluruh masyarakat Kalsel.

Gubernur Paman Birin lalu mengajak agar menjadikan momentum ini sebagai titik awal untuk terus menjaga, mengembangkan, dan memperkenalkan kekayaan budaya daerah kepada dunia.

Terakhir diharapkan, festival ini dapat menjadi ajang inspiratif, mempererat persaudaraan, dan memicu kreativitas dalam berkarya dan berbudaya. Festival ini tidak hanya menjadi perayaan sesaat, tetapi mampu menumbuhkan semangat cinta budaya berkelanjutan di hati seluruh masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kalsel Muhammadun melalui Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel selaku panitia pelaksana, Hadeli Rosyaidi dalam laporannya menyebutkan, festival ini bertujuan mempromosikan dan melestarikan warisan budaya Indonesia. Kemudian, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga budaya tradisi, media untuk memperkenalkan produk-produk lokal dan kerajinan tangan dan yang tempat mendorong pemberdayaan ekonomi kreatif bidang kebudayaan dan pariwisata budaya di Indonesia.

“Kegiatan festival ini dibagi dalam tiga venyu yang diadakan di tempat dan waktu yang berbeda yang seluruhnya dilaksanakan secara gratis dan untuk masyarakat umum dalam rangka menyambut perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI dan hari jadi ke-74 Provinsi Kalsel.

Kick Off ditandai penusukan tanda di monitor dengan tombak yang diantar penari suku Dayak, dan turut disaksikan
Perwakilan dari Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia, Emily G. Abraham, Direktur Perlindungan Kebudayaan, Kemendikbud Ristek Irini Dewi Wanti, Ketua Harian Geopark Meratus Hanifah Dwi Nirwana, dan sejumlah pejabat lingkup Pemprov Kalsel.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *