PesonaKalimantan – Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Banjarbaru telah resmi ditutup pada Selasa, 10 September 2024, tepat pukul 23.59 WITA.
Lebih dari 1.000 pelamar mengajukan lamaran melalui aplikasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang ditujukan untuk Kota Banjarbaru.

Berdasarkan informasi dari Kepala BKPSDM Kota Banjarbaru, Gustafa Yandi, yang disampaikan melalui Plh Kabid Pengadaan Pembinaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM, Evie Listiana SH, bersama dengan Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian, Eka Norliyanti SE, jumlah pendaftar hingga Selasa pukul 15.00 WITA mencapai 1.148 orang.

“Untuk formasi CPNS di Kota Banjarbaru tahun ini, hanya tersedia 25 posisi, terdiri dari 5 tenaga kesehatan dan 20 tenaga teknis. Namun, jumlah pendaftar mencapai ribuan, dan dari mereka yang sudah mengajukan lamaran serta membuat akun, ada sebanyak 1.019 orang,” ungkap Evie.

Dari 1.019 pelamar yang mengajukan lamaran, sebanyak 853 orang telah memenuhi syarat dan dinyatakan lulus verifikasi administrasi oleh pihak BKPSDM.

“Sebanyak 853 pelamar sudah memenuhi syarat dan lulus verifikasi administrasi. Namun, angka tersebut masih dapat berubah karena ada proses supervisi yang berlangsung hingga 17 September. Hasil akhirnya akan diumumkan paling lambat pada 19 September 2024,” tambahnya.

Di sisi lain, Eka Norliyanti SE menyebutkan ada 113 pelamar yang tidak memenuhi syarat administrasi hingga Selasa sore.

Jumlah tersebut masih bisa berubah seiring proses supervisi yang masih berlangsung. Bisa jadi ada yang awalnya TMS (Tidak Memenuhi Syarat) menjadi MS (Memenuhi Syarat) atau sebaliknya.

“Tiga formasi yang paling banyak dilamar berdasarkan data submit peserta adalah Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Pertama di BPKAD, Asesor Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli Pertama di BKPSDM, dan Pranata Komputer Ahli Pertama di Disdukcapil,” jelasnya.

Menariknya, dari ribuan pelamar tersebut, ada satu formasi yang belum memiliki pelamar yang submit, yaitu Analisis Kebakaran Ahli Pertama.

“Memang formasi ini kurang diminati karena spesifikasi pendidikan yang dibutuhkan tidak banyak tersedia di setiap daerah. Namun, formasi ini tetap dibuka di setiap daerah untuk kebutuhan UPT Damkar,” terangnya.

Perlu diketahui, hasil tes CPNS akan diumumkan secara daring melalui situs web BKPSDM atau akun Instagram resmi BKPSDM, serta melalui akun pribadi para pendaftar.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *