PesonaKalimantan– Timnas Vietnam kembali mengalami penurunan di peringkat FIFA, yang semakin memperburuk posisi mereka setelah kepergian pelatih legendaris, Park Hang-seo. Sejak ditinggalkan oleh pelatih asal Korea Selatan itu, Vietnam sudah turun sebanyak 25 peringkat dalam ranking FIFA.

Dalam FIFA Matchday Oktober, Vietnam hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan India, sementara laga melawan Lebanon dibatalkan karena situasi konflik di negara tersebut. Meski FIFA belum merilis ranking resmi terbaru, prediksi menunjukkan bahwa hasil imbang melawan India telah menyebabkan Vietnam kehilangan 0,27 poin, sehingga total poin mereka saat ini menjadi 1.161,11.

Posisi Vietnam diperkirakan akan turun tiga peringkat ke posisi 119, karena performa gemilang dari tim-tim Afrika seperti Komoro, Sudan, dan Zimbabwe yang berhasil naik secara signifikan. Ini adalah peringkat terendah Vietnam sejak November 2017, ketika mereka menduduki posisi 125.

Di bawah kepemimpinan Park Hang-seo, Vietnam sempat menjadi salah satu kekuatan di Asia Tenggara, berhasil mempertahankan posisi di 100 besar dunia dari November 2018 hingga Januari 2024. Namun, sejak kepergian Park, Vietnam mengalami kemunduran, termasuk tersingkir di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan gagal tampil impresif di Piala Asia 2023.

Meskipun peringkat FIFA sering kali menjadi tolok ukur, perlu diingat bahwa ranking ini tidak selalu mencerminkan kekuatan sebenarnya dari sebuah tim.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *